Hai kawan kawan, bagaimana kabarnya? Baik ?. Mari kita lanjutkan touringnya ya dengan naik bus. Hehehe.
Disini saya akan menjelaskan beberapa bus yang saya gunakan untuk touring. Rute yang pernah saya lalui adalah sebagai berikut :
- Surabaya - Madiun - Ponorogo (Pulkam Hehehe)
- Surabaya - Solo - Semarang
- Surabaya - Madiun - Maospati
- Surabaya - Madiun - Solo Yogya.
- Surabaya - Pandaan
Dari semua jalur di atas, hampir semuanya menggunakan bus dengan merk Hino. Mengapa Hino ? Ya terserah pemilik PO mau pakai apa, qiqiqiqqiqi. Jadi mengapa Hino ? menurut saya, ini menurut saya lo, karena Hino itu sudah lama bermain di bidang truk, jadi sudah tidak diragukan lagi kualitasnya jika dibandingkan dengan ATPM yg lain. Selain itu juga kebanyakan sparepart nya juga mudah di dapat dan mirip dengan truk sehingga lebih mudah dalam penggantian sparepartnya jika rusak, karena tersedia dimana-mana.
Trus tipe yang digunakan adalah Hino AK-8 JRKA mesin depan. Berikut adalah spek dari mesin Hino tersebut dari web http://www.hino.co.id/id/product/detail/hino-bus/hino-bus2/a-215
Kecepatan Maksimum : 105 (km/jam)
Daya Tanjak (tan Ø) : 35
Model Mesin
Model : J08E - UH
Tipe : Mesin Diesel 4 Langkah Segaris, Turbo Intercooler
Tenaga Maksimum (PS/rpm) : 215 / 2.500
Torsi Maksimum (Kgm/rpm) : 62 / 1.500
Jumlah Silinder : 6
Diameter x Langkah Piston (mm) : 112 x 130
Isi Silinder (cc) : 7.684
Kopling
Tipe : Pelat Kering Tunggal; Hydraulic Operation dengan Booster udara
Diameter Cakram : 350 mm
Transmisi
Tipe : LJ06S
Perbandingan Gigi : -
C : -
ke-1 : 7,663
ke-2 : 4,751
ke-3 : 2,898
ke-4 : 1,844
ke-5 : 1,288
ke-6 : 1,000
ke-7 : -
ke-8 : -
Mundur 7,173
Kemudi
Tipe : Integral Power Steering
Minimal Radius Putar : 9,9 m
Sumbu
Belakang : Full Floating Type, Single Reduction, Single Speed by Hypoid Gear
Depan : Reverse Elliot, I-Section Beam
Perbandingan Gigi Akhir : 5,125
Sistem Penggerak : Rear, 4 x 2
Rem
Rem Utama : -
Rem Pelambat : -
Rem Parkir : -
Roda & Ban
Ukuran Rim : 20 x 7.00T-162
Ukuran Ban : 9.00-20-14PR
Jumlah Ban : 6 (+1)
Suspensi
Depan & Belakang : Rigid Axle dengan Pegas Daun Semi Elliptic
Sistim Listrik Accu
Accu : 12V - 120Ah x2
Dimensi
Tangki Solar
Kapasitas : 200 lt
Dimensi (mm)
Jarak Sumbu Roda : 5800
Cabin to End : -
Total Panjang : 11.180
Total Lebar : 2.425
Total Tinggi : 2.100
Lebar Jejak Depan : 1.920
Lebar Jejak Belakang : 1.840
Julur Depan : 2.030
Julur Belakang : 3.350
Berat Chassis (kg)
Depan : 2.465
Belakang : 1.940
Berat Kosong : 4.405
GVWR / GCWR : 14200
Para pemilik PO Bus memebeli dari Hino masih berupa Chasis dan Mesin. Baru kemudian di berikan baju atau body di Karoseri. Beberapa yang saya ketahui adalah seperti Adiputro, Laksana, Tentrem, Morodadi Prima, dll. Untuk keterangannya silakan klik webnya sendiri sendiri
Selanjutnya jika touring atau pulkam saya menggunakan beberapa PO yang kebanyakan menggunkan bus ATB(AC Tarip Biasa), yaitu bus ekonomi tapi memakai AC sehingga lebih nyaman, tapi tetap murah taripnya.
A. PO Restu
Bus PO Restu adalah yang saya gunakan untuk pulkam, tapi hanya jarak dekat saja. Biasanya dari Nganjuk sampai Ponorogo. Untuk dari Surabaya sampai Nganjuk saya biasanya naik Sumber Group atau Mira. Bus Restu mempunyai livery atau gambar Panda di sekujur bodynya. Menggunakan mesin Hino AK8-JRKA dan karoseri Adiputro, untuk AC nya menggunakan ThermoKING.
B. PO Selamat Group / PO Sugeng Rahayu
PO Selamat Group adalah favorit bus yang saya gunakan untuk touring, biasanya untuk ke arah barat. Selain itu juga untuk pulkam antara Surabaya - Nganjuk. Bus ini terkenal sebagai bus balap karena sangat cepat mengendarainya, tapi unsur2 keamanannya juga sangat baik dan selalu memperhatikan rambu2 lalu lintas. Bus SG biasanya menggunakan livery dengan gambar lumba lumba yang lucu. hehehehe. Menggunakan mesin Hino AK-8 JRKA dan Hino RK-8(Patas), body Laksana Legacy, Laksana Discovery, Adiputro(Patas), Laksana Legacy Sky SR-2(Patas).
Website : - http://www.sumbergroupbus.com/
C. PO Eka-Mira
PO Eka-Mira Juga merupakan bus favorit saya, karena juga cepat tapi masih mematuhi peraturan lalu lintas. Menggunakan livery tribal sebagai ciri khasnya. Menggunakan Mesin Hino AK-8 JRKA dan Hino RK-8(Patas), body Laksana Legacy, Laksana Nucleus 3, Laksana Discovery, Tentrem Inspiro, Tentrem Scorpion King, dan yang terbaru Tentrem Max. Sedangkan untuk patas EKA menggunakan body Adiputro Jetbus HD2 Setra dan Morodadi Prima Grand Tourismo
Website : - http://www.ekamirabus.com/
Wassalamualaikum Wr. Wb
No comments:
Post a Comment